Loading...

Juventus First Story



Klub Juventus memiliki nama asli Juventus Football Club S.p.A. Klub asal Italia tersebut memiliki banyak sekali nama julukan, diantaranya adalah La Fidanzata d’Italia (Kekasih Italia), La Vecchia Signora (Nyonya Tua), Le Zebre (Si Zebra), IL Bianconeri (Putih Hitam) dan Signora Omicidi (wanita Pembunuh).

Juventus berdiri pada tanggal 1 November 1897. Di dalam sejarahnya, Juventus pertama kali didirikan oleh murid-murid asal sekolah Massimo D’Azeglio Lyceum yang ada di Turin pada tahun 1897, nama awal dari Klub Juventus sendiri adalah Sport Club Juventus. Namun Baru dua tahun nama tersebut dibuat kemudian diganti namanya menjadi Foot-Ball Club Juventus.

Pada tahun 1906, Klub Juventus mengalami perpecahan di tubuh internal. Beberapa orang staff memutuskan meninggalkan Klub Juventus.

Aksi ini kemudian diikuti pula oleh Presiden Alfredo Dick yang selanjutnya ia mendirikan sebuah klub yang diberi julukan FBC Torino. Emblem Juventus mengalami perubahan kecil. Modefikasi dilakukan hingga musim 2004-2005 hingga klub ini mengalami perubahan seperti saat sekarang.

Juventus dikenal sebagai salah satu klubbola yang sering pindah-pindah stadion. Dua tahun lamanya Juventus bermain di Parco del Valentino dan Parco Cittadella, setelah itu pada tahun 1897 dan tahun 1898, klub tersebut selanjutnya bermain di Piazza d’Armi Stadium hingga tahun 190, kecuali tahun 1905 dan 1906, yakni pada saat klub ini berkandang di Corso de Umberto.

Dalam sejarahnya, Juventus merupakan klub Italia paling sukses. Juventus berhasil mengumpulkan 40 tropi yang selanjutnya mengantarkan Juventus menjadi salah satu klub terbaik di dunia. Juventus mengumpulkan 11 tropi internasional, yakni rekor sembilan dari titel kompetisi UEFA serta dua buah gelar juata dunia.

Hal ini menjadikan Juventus sebagai tim ke tiga yang paling sering kompetisi di Eropa sekaligus urutan ke enam di dunia untuk even kompetisi internasional yang diadakan antar klub.

Juventus juga merupakan klub di Seri A Italia yang dinobatkan sebagai klub peraih juara paling banyak dengan 27 buah gelar serta memegang rekor juara tersebut secara berturut-turut, yakni dari tahun 1930-1931 hingga tahun 1934-1935.

Juventus berhasil memenangi Coppa Italia sebanyak sembilan kali kemenangan, dan hingga saat ini masih tercatat mampu memegang rekor kemenangan pertandingan secara keseluruhan.

Juventus cukup identik dengan identitas warna hitam putih dengan motifnya zebra. Sebelum tahun 1903, Juventus sempat dikenal dengan kostum warna hitam dan merah muda. Adapun penggantian warna kostum tersebut konon disebabkan karena adanya kesalahan pencucian kostum pemain.

Salah seorang ayah dari pemain Juventus melakukan kesalahan dengan mencuci kostum hitam dan merah muda tersebut terlalu pudar pada bagian merah mudanya sehingga menjadi warna putih. Adapun kostum warna hitam putih Juventus, untuk pertama kalinya diimpor dari negara Inggris, yakni dari Nottingham.

Menurut La Repubblica, Klub Juventus merupakan klub dengan jumlah basis massa pendukung terbanyak di seluruh dunia. Diprediksi ada ekitar 170 juta tifosi Juventus yang menyebar di seluruh dunia, di mana 43 juta orang fans Juventus tersebut diprediksi berdomisili di Benua Eropa.

Juventus merupakan salah satu dari tiga klub di Italia yang mampu go public, sekaligus memiliki tempat di bursa saham negara Italia. Sementara dua tim lainnya yang juga menduduki posisi serupa adalah Klub Lazio dan Roma. Juventus dikenal sebagai klub yang memiliki didikan keras. Seluruh pemainnya diwajibkan berambut rapi dan memperhatikan pendidikan. Setiap pemain diharuskan menyelesaikan pendidikannya.

Source : analisabola.com
Share on Google Plus

About Unknown

"JCI Bojonegoro adalah sebuah wadah berkumpulnya para tifosi Juventus yang ada di Kota Bojonegoro"

Berdiri : Jum'at Wage ,6 Januari 2012 | Resmi : Jum'at Pon , 17 Agustus 2012

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar